Janji seorang penikmat kopi

Ketika ku seduh dan ku hirup wangi baumu
Kurasakan setengah kenikmatan dunia mulai masuk ke tubuhku
ketika ku sruput dan ku alirkan ke lidah dan tenggorokanku
Surga seakan di depanku
Seketika terletup semangat kerja
Membelalak mata ingin menaklukkan dunia
Dan melayangkan tubuh ini ke awang awang lamunan
serta menancapkan tonggak kokoh d kaki ini untuk enggan berdiri lagi
Ku ingin selalu menikmatimu
Sampai waktu yang memisahkan rasa ini
Kopi…. sepahitnya kamu, ku kan tetap setia karena aroma dan kenikmatanmu

…….bagi seorang kopier(sebutan bagi peminum kopi yang sudah addic atau hoby), segelas kopi di pagi hari adalah setengah kenikmatan dunia. Mungkin itu terlalu 4L4y tapi jangan terlalu cepat mengambil keputusan untuk menilainya. Kenikmatan kopi akan membangkitkan rasa, gairah dan semangat hidup. minuman yang terbuat dari biji yang tercatat disejarah pertama kali ditemukan pada tahun 1000 SM oleh suku galla di ethiopia. Dan mulai booming ketika dibawa oleh pedagang arab yang tersohor pertama kali di yaman dengan sebutan mocca. sehingga tak terasa sekarang pun kopi menjadi salah satu minuman tekenal di seluruh pelosok indonesia, memang kopi sangat kontroversial dari awal sampai sekarangpun bahkan pada masa pemerintahan Raja Charles II tahun 1675 M, dia menutup seluruh kedai kopi di London, tuduhan utamanya adalah kedai kopi sebagai tempat pemufakatan makar. Sampai sekarangpun kopi masih menjadi buah simalakama,di suatu sisi amat digandrungi namun di sisi lain terkadan efek buruk baik yang bersifat medis atupun sosial masih kerap muncul.
 
secara etimologi kopi sendiri berasal dari bahasa arab qawwah yang berarti kekuatan kemudian diserap oleh bangsa belanda menjadi koffie dan diasimilasi oleh mulut orang indonesia khusunya jawa menjadi kopi. kopi sendiri secara biloginya dibagi dalam dua jenis genus besar yaitu (coffea arabica dan coffea robusta), sebagai tambahan informasi ada berbagai macam jenis minuman kopi :
  1. kopi hitam
  2. latte
  3. espresso
  4. cafe latte
  5. cafe machiato
  6. cappucino
  7. dry cappucino
  8. frappe
  9. kopi instan
  10. kopi irlandia
  11. kopi tubruk
  12. melya
  13. kopi moka
  14. kopi oleng
Namun dari sekian jenis tersebut yang terpenting sebenarnya apasih kandungan kopi sendiri sehingga sedemikian hebohnya, kopi banyak mengandung kafein sebuah senyawa hasil metabolisme sekunder golongan alkaloid dari tanaman kopi dan memiliki rasa yang pahit.Peranan utama kafein ini di dalam tubuh adalah meningkatan kerja psikomotor sehingga tubuh tetap terjaga dan memberikan efek fisiologis berupa peningkatan energi.Dan penelitian terakhir kafein juga sebagai zat anti oksidan yang mampu mengikat partikel radikal bebas yang merugikan tubuh. Namun dari semua itu yang terpenting jangan terlalu mengkonsumsi yang berlebihan karena semua yang berlebihan akan tidak baik……selamat mencoba “let’s try the decision in your hand”

0 comments: (+add yours?)

Post a Comment