Wujudkan Impian dengan Konsentrasi

Anda mungkin pernah mengalami saat sulit menuliskan sesuatu atau menangkap apa yang anda baca. Pada waktu yang bersamaan rasa jenuh mulai menyerang anda. Atau anda sulit untuk fokus pada apa yang dikatakan seseorang.

Ciptakan suasana sekeliling anda penuh dengan ketenangan. Jika anda tidak bisa konsentrasi dengan suara berisik di sekitar anda sebaiknya gantungkan tanda di pintu agar semua orang tahu bahwa anda sedang bekerja dan tidak ingin diganggu.

Rencanakan apa yang harus anda kerjakan. Adanya perencanaan membuat pikiran anda fokus pada apa yang harus dikerjakan dan tidak lari kemana-mana. Dengan anda membuat rencana maka anda juga harus membuat daftar untuk membantu anda tetap berada di jalur anda dan semakin jelas apa yang harus anda capai.

Istirahatlah atau tidurlah yang cukup untuk menghindari rasa kantuk saat anda berada di tempat kerja. Anda juga bisa lakukan tugas yang paling sulit di saat kondisi tubuh anda masih segar.

Diet dan tidak makan pagi akan mengganggu kemampuan otak anda. Makan secara teratur dengan menu seimbang bisa menjaga pikiran tetap tajam. Saat anda membeli makanan untuk sarapan secara otomatis anda akan menghirup udara yang segar. Karena oksigen sangat penting untuk membuat aliran darah lancar ke otak. Sirkulasi udara yang buruk akan mempengaruhi kemampuan berpikir anda.

Berolahraga secara teratur. Bila anda tidak sempat untuk berolahraga maka anda bisa lakukan jalan cepat di sekitar kantor anda saja cukup untuk meningkatkan kemampuan otak untuk bekerja dengan tepat. Coba ganti istirahat minum kopi dengan jalan kaki dan rasakan pengaruh instannya.

Ingatkan diri anda mengapa anda melakukan sesuatu dengan menempelkan tujuan anda di tempat yang terlihat jelas seperti di meja kerja anda. Bagi-bagi aktivitas anda menjadi beberapa bagian dengan sela untuk istirahat di antaranya. Cara ini membuat anda lebih mudah mencerna tugas anda.

Janganlah anda menghukum diri anda jika hasil pekerjaan tidak jenius setiap saat. Lakukan hal terbaik yang bisa anda lakukan dan anggap itu sebagai awal yang baik. Berikan hadiah kepada diri anda jika anda dapat menyelesaikan target yang sudah ditentukan.

Kerjakan apa yang bisa anda kerjakan hari ini. Jangan tunda hingga esok hari. Karena menunda pekerjaan hanya akan menimbulkan rasa bersalah dan membuat tugas semakin menumpuk sehingga semakin sulit anda selesaikan.

Rapikan meja anda. Karena hal ini akan membuat anda sulit untuk bekerja dan konsentrasi jika meja kerja anda berantakan. Tidak hanya menyulitkan anda tetapi juga membuang waktu di saat anda harus mencari sesuatu.

Sediakan juga tempat khusus untuk anda berpikir. Hal ini dapat anda lakukan bila anda cenderung merasa lebih fokus di tengah lingkungan yang akrab dan nyaman.

Anda tidak akan bisa konsentrasi dengan baik jika kurang tidur dan perut lapar. Batasi mengkonsumsi kopi karena hanya akan membuat anda semakin panik. Selamat bekerja...

0 comments: (+add yours?)

Post a Comment