Menertawakan Diri Sendiri Sehat Juga

Mungkin anda sudah mengetahui bahwa tertawa adalah alat sosial yang baik karena mampu mencairkan ketegangan dan meningkatkan hubungan. Beberapa penelitian membuktikan bahwa tertawa meski hanya sekedar basa-basi pun ternyata mampu meningkatkan kesehatan mental dan fisik.

Penelitian di Universitas Stanford menemukan bahwa dua menit tertawa sama manfaatnya pada tekanan jantung dengan 10 menit berolahraga di mesin dayung. Selain itu tertawa juga akan melemaskan otot-otot, memperbaiki pernapasan, meningkatkan kadar oksigen, mengurangi nyeri karena merangsang endorfin (pemberi rasa nyaman), memberi energi, mengurangi ketegangan, menghilangkan depresi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Para ahli memperkirakan bahwa anak-anak bisa tertawa sampai 400 kali setiap hari. Setelah dewasa, anda akan beruntung bila bisa tertawa lebih dari 15 kali sehari. Anda tidak perlu harus lucu agar bisa tertawa tetapi anda bisa belajar menertawakan diri sendiri, tertawa lebih sering, dan selalu bisa melihat segi humor dari setiap situasi.
Cobalah cara mudah untuk tertawa. Pilih buku, film dan acara lucu di TV. Awali hari anda dengan membaca komik lucu. Janganlah anda hanya menunggu kebahagiaan tetapi cobalah menemukan kesenangan pada hari ini. Berlatihlah untuk menerima ketidaksempurnaan.

Jadilah orang yang dermawan atau ramah seperti mengatakan terimakasih pada sopir taksi yang telah mengantar anda. Tersenyumlah pada orang-orang sekitar atau buatlah lelucon meski anda berada di rapat. Anda juga bisa membuat lelucon tentang diri sendiri dan tertawalah.

Menertawakan diri sendiri, justru akan meningkatkan kepercayaan diri anda. Bahkan bagi anda yang sedang dimabuk cinta, perbuatan ini merupakan obat mujarab untuk meningkatkan kemesraan.

Jika anda tidak bisa menemukan sesuatu untuk ditertawakan sebaiknya anda coba untuk berpura-pura saja. Karena tubuh anda juga akan mengetahui perbedaan antara ketawa palsu dengan yang asli. Tetapi bila anda gagal untuk tertawa, cobalah untuk tersenyum. Sebab orang yang memaksakan senyum di wajahnya akan mulai merasakan pengalaman yang menyenangkan. Sebaiknya anda coba agar anda bisa mengetahui kebenaran hal ini. So...keep try to laughing....ok ?

0 comments: (+add yours?)

Post a Comment