Tips Memperbaiki Persepsi Terhadap Anda

Meskipun tak pernah ketinggalan memberikan ide-ide baru bagi perusahaan dan bersosialisasi dengan teman-teman sekantor, rasanya masih saja ada yang kurang. Atasan masih kurang percaya dan memanggil anda sebagai “si pendiam”? Apa yang mesti dilakukan untuk memperbaikinya? Kemungkinan besar, yang terjadi adalah anda berjalan menuju ke arah yang berlawanan dari yang diinginkan bos.

Budaya yang ada di setiap kantor memang tidak dapat dikatakan secara langsung dan verbal. Seringkali anda harus berusaha untuk mengetahuinya melalui perbincangan dengan teman-teman sekantor. Sebaiknya anda tetap melanjutkan pekerjaan dengan baik dan tetap ramah tanpa bersikap berlebihan. Tentu saja hal ini sulit dilakukan jika atasan membawa masalah ini ke publik. Salah satu akan langsung bersikap defensif dan berhenti melakukan perbaikan. Inilah sebaiknya yang Anda hindari.

Kalau masih mendengar komentar-komentar tak menyenangkan dari pimpinan yang keluar dari mulut rekan-rekan yang lain, cobalah atasi dengan cara yang lebih pribadi. Tanya kepadanya secara langsung dan tertutup. Katakan bahwa anda mendengar dari beberapa orang mengenai masalah tersebut.

Dan ungkapkan juga bahwa sangat penting bagi anda untuk bersikap profesional dan melaksanakan tugas dengan baik. Yang terpenting katakan bahwa bila ada sesuatu yang salah, anda memilih untuk mendengarnya secara langsung. Dengan melakukan pertemuan empat mata dengan pimpinan, semua bisa jadi jelas. Sedangkan bila dilakukan dalam forum publik, ego pimpinan akan muncul dan anda bisa jadi korban.

0 comments: (+add yours?)

Post a Comment