Tips Mengatasi Syndrom Kesepian

Rasa sunyi dan sepi biasanya dialami oleh mereka yang sering sendiri dan minim kegiatan. Tetapi anggapan ini ternyata tidak selalu benar karena kenyataannya di kota-kota besar seperti Jakarta banyak orang-orang yang merasa sunyi meski memiliki kesibukan yang luar biasa dan dikelilingi banyak teman.
 
Di kota-kota besar maka rasa sunyi ini banyak melanda para profesional muda. Meskipun mereka memiliki aktivitas yang cukup padat dan setiap hari selalu bertemu dengan banyak orang, ada perasaan sunyi di sudut hatinya. Akibatnya anda akan semakin terpuruk pada rasa sepi dari hari ke hari.

Menurut psikolog, rasa sunyi itu berasal dari dalam hati. Sehingga lingkungan kerja sibuk dan teman-teman di sekelilingnya sekalipun, tidak mampu mengusir rasa sepi. Tetapi bisa juga rasa sepi itu muncul justru akibat beban kerja yang menumpuk hingga menimbulkan stress yang cukup berat. Rasa stres yang berkepanjangan membuat mental dan perasaan seseorang semakin hampa dan sunyi. Biasanya meski mereka berusaha tampil maksimal, orang-orang dengan rasa kesepian ternyata cukup sentimentil.

Cara mereka mengatasi rasa sunyinya pun berbau-bau sentimentil. Ada yang menyendiri dengan mendengarkan musik yang mendayu-dayu, ada yang melamun atau juga menangis tersedu-sedu. Padahal mereka sendiri sebenarnya tidak memahami apa yang membuatnya kesepian. Jika anda mulai dirasuki penyakit kesepian, hati-hati, jangan sampai kesepian anda mengarah pada tindakan destruktif. Untuk anda yang sering dilanda kesepian, ada baiknya anda lakukan langkah-langkah berikut ini.

Jangan merasa lumpuh oleh situasi atau lingkungan kerja yang menekan anda. Saat senggang hiburlah diri anda dengan mengerjakan hal-hal yang anda sukai seperti berkumpul dengan keluarga, bertemu kekasih atau mengunjungi sahabat anda. Bisa juga anda melakukan hobi seperti berenang, memancing atau memasak. Karena saat libur memang semestinya dimanfaatkan untuk santai dan tidak mengerjakan hal-hal rutin yang sudah membebani anda selama seminggu.

Lakukanlah dialog dengan orang di sekitar anda. Karena pada dasarnya manusia adalah mahluk sosial yang butuh berdialog dengan manusia lainnya. Jika anda di kantor maka lakukan dialog dnegan rekan kerja anda. Tetapi lakukan dialog dengan tulus dan jangan hanya sekedar basa-basi.

Jagalah silaturahmi. Pertahankan hubungan baik anda dengan rekan-rekan kerja, sahabat dan keluarga. Menjaga silaturahmi ini bukan berarti harus bertemu secara fisik. Jika anda sibuk maka sekedar menanyakan kabar lewat telepon atau email juga merupakan usaha anda menjaga ikatan batin yang telah berlangsung.

Lakukan dialog dengan diri sendiri. Saat kesepian dan kesunyian mulai menggerogoti anda maka lakukan dialog pada diri sendiri dengan cara merenung di tempat yang sunyi. Tanyakan pada hati anda, apa yang anda cari, apa yang membuat anda bahagia. Jawablah pertanyaan tersebut dengan jujur agar anda bisa mengenali diri anda. Dengan begitu anda tidak akan kehilangan jati diri yang bisa menjadi sumber rasa sepi.

Bila anda sudah melakukan dialog dengan diri sendiri maka lakukan dialog dengan Tuhan. Lakukan kontemplasi sesuai agama yang anda anut. Percayalah, dialog dengan Tuhan cukup ampuh mengatasi kesunyian anda sehingga anda akan merasa lebih tenang dalam menjalani kehidupan anda.

Jadi, mulailah anda lakukan hal diatas agar anda tidak terperosok pada kesepian. Lebih baik sekarang anda lakukan sebelum anda dilanda kesepian yang lebih parah. Cobalah untuk berpikir positif dan mulai mensyukuri hidup ini. Semoga berhasil.

0 comments: (+add yours?)

Post a Comment