Kritik, mengkritik dan di kritik

Setiap mendengar kata kritik ingatan langsung terjun di sebuah pulau yang sarat dengan kata-kata pedas dan gumpalan awan hitam uapan kebencian. Ini hanya bayangan saya pribadi dalam kepala yang sempit terdapat jiwa yang picik.

Banyak pengertian kritik yang di temukan dalam kehidupan sehari- hari, misalnya kritik adalah sikap seseorang yang memberi tahu ketidak sempurnaan, ke cacatan dari hasil pekerjaan yang lebih dulu tercipta. Ini wajar saja terjadi ketika sesuatu telah ada sebelumnya kemudian ingin dijadikan sebagai suatu pembaruan tapi malah sesuatu yang sama sekali tidak inovatif.

Kritik dalam versi lain adalah ucapan seseorang terhadap orang lain yang sesungguhnya lebih didasari dengan rasa iri, kontra pendapat, tidak suka dengan orang tersebut atau ingin menunjukan kepada yang lain bahwa orang tersebut lebih pandai dari orang yang dikritik. Ini contoh kritik yang tidak sehat. Biasanya manusia jenis ini merupakan manusia yang bercita-cita jadi actor tapi hanya mampu menjadi penonton. Kasiiaan… (sirik tanda tak mampu)

Ada juga yang mengartikan kritik sebagai suatu masalah penganalisaan dan pengevaluasian sesuatu dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, memperluas apresiasi, atau membantu memperbaiki pekerjaan. Jadi bisa diambil kesimpulan kritik adalah hasil dari pengamatan yang diberikan untuk meningkatkan dan memperbaiki perkerjaan. Nahh ini dia kritik sehat.

Kita sudah sangat paham apa itu kritik. Setelah ada kritik, sudah seharusnya ada yang mengkritik. Inilah orang-orang yang memelopori kritakan. Saya, anda,mereka dan siapa saja memiliki kebebasan untuk mengkritik. Dan tentunya kita bisa memilahdan memilih kritikan apa yang seharusnya kita gunakan untuk mengkritik.

Dan yang terakhir adalah dikritik. Kritik, mengkritik dan dikritik. Mengenal jenis kriti, cara mengkritik dan yang terakhir tentunya siap untuk dikritik.

Kritik sehat biasanya lahir dari kementator yang professional bukan predator. Predator kritik mendekati kritikan actor gagal yang hanya mampu merendahkan karya orang lain tanpa bisa mengambil suatu keputusan yang bisa menyatakan bahwa karya orang lain juga memiliki kualitas tersendiri.

Mudah-mudahan kita bisa berpikir lebih kritis dalam hal kritik,mengkritik dan di kritik, agar kejernih dalam memberikan komentar kepada orang lain terjaga keutuhannya.

0 comments: (+add yours?)

Post a Comment