Kita jarang belajar dari pengalaman

Itulah KITA , kadang sulit belajar dari pengalaman. Dan kadang pengalaman buruk itu tetap terjadi dari masa ke masa, dan kadang dimaklumi.
Demikian itu terjadi pada diri saya dan lingkungan kita. Terkadang kita terlalu pakem dengan keadaan-keadaan sebelumnya sehingga kita tidak mengalami peningkatan. Mencontoh boleh saja tetapi lebih kreatif adalah yang terbaik.
Belajar dari pengalaman selalu tidak ada artinya dan alasan setiap saat selalu menjadi alasan berulang yang sudah bosan untuk diterangkan.

Ada beberapa hal kita jarang belajar dari pengalaman antara lain:
  1. Kita selalu belajar melalui proses yang sama sehingga tidak ada perkembangan dan melalui jalur yang sama dan kendala yang sama
  2. Kita jarang untuk berfikir kreatif, sehingga jalan-jalan konvensional selalu menjadi jalan yang dirasa mudah
  3. Kadang kita sulit keluar dari batas kenyamanan, sehingga kita tidak mengetahui dengan tentang dunia di luar kenyamanan kita
  4. Pengaruh orang-orang disekitar kita yang selalu berpandangan yang dulu itu seperti ini dan seperti itu, sehingga peran orang-orang yang berpengalaman menjadi kunci utama padahal kita harus menyadari perlu evaluasi dari pengalaman itu, apatah masih bisa digunakan.
  5. Kita kurang sensitif alias kurang peka terhadap permasalahan yang ada dan bahkan mempermudah keadaan-keadaan yang ada sehingga menganggap biasa perilaku-perilaku yang seharusnya kita dapat belajar dari pengalaman.

0 comments: (+add yours?)

Post a Comment